Senin, 10 November 2014

marketing



Apa alasan seorang konsumen memilih barang di satu toko, padahal ada toko lain yang menjual barang yang sama? Ternyata, alasannya tak hanya harga yang murah atau barang berkualitas.
Seperti dilansir dari inc.com, Sabtu (11/5/2013),  terdapat sejumlah faktor lainnya yang mendorong konsumen memutuskan membeli suatu produk. Menurut The Rain Group, sebuah perusahaan konsultan pemasaran, para konsumen cenderung membeli dari para penjual yang jago melakukan hal-hal berikut:

1. Menyediakan gagasan dan sudut pandang baru
Saat konsumen tidak tahu apa yang harus dilakukan saat memilih produk, Anda harus mampu memberikan pandangan dan saran yang dapat membantu mereka untuk menentukan pilihan produk yang akan dibelinya.

2. Mau kerja sama
Kebanyakan konsumen benar-benar tidak mau Anda hanya menjadi penjual barang, sekalipun barangnya menarik. Mereka ingin Anda membantunya memilih barang. Anda harus lebih responsif terhadap benda-benda yang menarik konsumen.

3. Percaya diri akan kemampuan Anda
Jika Anda tak bisa meyakinkan konsumen bahwa Anda, perusahaan Anda, dan tawaran perusahaan Anda dapat memberikan hasil yang menjanjikan, konsumen tidak akan pernah membeli produk Anda. Konsumen tidak akan percaya pada Anda kalau Anda tidak percaya diri. Kepercayaan diri itu harus ditularkan pada konsumen.

4. Dengarkan konsumen Anda dengan baik
Ketika para konsumen menyampaikan yang ia butuhkan, dengarkan dengan baik. Jangan memotong apa yang dikatakan dan serta merta memberikan pandangan Anda. Ini bukan tentang Anda, tapi konsumen.

5. Pahami kebutuhan konsumen
Mencocokkan apa yang ditawarkan perusahaan dan diinginkan konsumen itu tidak cukup. Anda juga harus memahami kebutuhan pribadi konsumen dan membuat mereka yakin membeli produk Anda akan memuaskan.

6. Bantu konsumen menghindari potensi kerusakan barang
Saat membeli barang, konsumen ingin tahu masalah-masalah yang akan timbul dari produk yang dibeli dan bagaimana cara mengatasinya. Untuk itu sebagai penjual, Anda harus memberi tahu kepada konsumen soal cara untuk meminimalisir kerusakan dari produk yang dibeli.

7. Menyediakan 1.000 solusi
Yang diinginkan konsumen adalah kemampuan Anda menjelaskan dan mengusulkan solusi efektif. Hal ini bisa menjadi salah satu cara memenangkan persaingan penawaran produk.

8. Jelaskan proses pembelian produk
Konsumen tak suka jika penjual bicara panjang lebar soal harga, diskon, jumlah biaya yang harus dibayar dan lain-lain. Anda harus mampu memberi tahu calon pembeli dengan bahasa sederhana semua komponen pembelian dan bagaimana cara membayarnya.

9. Dekati konsumen
Secara tidak langsung, setiap situasi pembelian menciptakan kedekatan antara dua orang yang saling percaya: pembeli dan Anda sebagai penjual.

10. Jangan halangi konsumen membeli di tempat lain
Anda harus bisa membuktikan membeli produk dari anda lebih murah daripada membeli produk yang sama di tempat lain. Namun, Anda tetap harus membiarkan konsumen menggunakan haknya membeli dari tempat lain. Ingat, jangan pernah paksa konsumen Anda. (Ndw)

Cara Mengatasi Penolakan Penjualan atau Menawarkan Barang
Dalam usahanya menawarkan produk kepada toko baru dalam rangka ekspansi pasar untuk meningkatkan penjualan, Seorang sales tidak selamanya menerima hasil yang menggembirakan, Ada kalanya penawaran tersebut ditolak oleh toko dengan berbagai sebab, Walaupun persiapan menawarkan produk pada toko baru sudah dilakukan dengan baik. Bagi seorang sales yang sudah
sering melakukan usaha penawaran produk ketoko baru, Hal ini bukanlah malapetaka. Namun setelah penawarannya ditolak, Seorang sales tidak boleh memutus rantai informasi dan hubungan yang telah tercipta dengan toko yang baru saja menolaknya. Sangat penting bagi seorang sales mengetahui tindakan-tindakan yang harus dilakukan jika penawarannya telah ditolak, Karena dengan mengetahui dan mengerti tindakan atau langkah-langkah yang harus dilakukan, Seorang sales akan selalu mempunyai peluang baru yang lebih baik untuk bisa menjual lebih banyak dikemudian hari.

Seorang sales atau tenaga penjualan yang sudah ditolak dalam menawarkan produk ketoko baru, Harus bisa mendapatkan sesuatu yang lebih baik dan berguna dari toko yang menolaknya. Dengan catatan penawaran dan cara menawarkan sudah dilakukan dengan baik dan benar serta sudah menjual tanpa beban.Berikut beberapa tindakan yang harus dilakukan sales jika ditolak dalam penawaran produknya.
1.    Jangan lupa mengucapkan terima kasih karena sudah berkenan menemuai dan melihat sampel produk atau bentuk penawaran Saudara. Hal ini sangat penting, Karena dengan ini Saudara sebagai sales sudah menciptakan hubungan baik dengan fihak toko. Dan ini sangat penting guna melakukan langkah kedua.
2.    Tanyakan kepada pemilik toko atau bagian order toko kenapa produk yang saudara tawarkan tidak bisa diterima. Hal ini merupakan tugas sales sebagai intelijen pasar , Dimana seorang sales harus bisa mengumpulkan informasi pasar yang penting. Hal-hal yang menjadi penyebab produk Saudara ditolak akan menjadi informasi penting bagi perusahaan dalam merencanakan dan membuat produk kedepan. 
3.    Setelah Seorang sales mendapatkan informasi penyebab produknya ditolak, Tanyakan kepada fihak toko, Apakah setelah melakukan perubahan terhadap penyebab ditolaknya penawaran dan sudah  sesuai dengan keinginan toko bisa datang kembali untuk menawarkan ulang  produk atau minta untuk ditinjau kemabli. Jika jawabannya bisa, Berarti Saudara sudah membuka peluang yang lebih besar untuk terjadinya kerjasama penjualan.
4.    Dapatkan informasi atau referensi dari fihak toko mengenai toko mana yang kira-kira bisa menerima produk atau ketentuan transaksi dari yang Saudara tawarkan. Hal ini sangat perlu, Karena tidak jarang pemilik toko atau fihak toko mempunyai teman atau kolega ditempat atau kota lain dengan usaha yang sama. Dan dengan membawa referensi dari fihak toko yang menolak penawaran Saudara, Langkah Saudara untuk menemui dan menawarkan produk kepada toko arahan akan lebih mudah.
5.    Catat  nama dan nomor telpon toko arahan guna langkah kerja selanjutnya, Serta minta nomor telpon yang paling mudah dihubungi kepada fihak toko atau pemilik toko yang menolak penawaran Saudara. Hal ini guna langkah penawaran kedua dan untuk menjaga kedekatan dengan fihak toko.
6.    Sebelum pergi, Ucapkan terima kasih sudah berkenan menemui dan sudah memberikan informasi dan referensi yang sangat berharga.
Penolakan toko baru terhadap penawaran kerjasama penjualan seorang sales memang tidak mengenakkan, Namun sebagai seorang sales, Hal ini tidak boleh memutuskan rantai infomasi menuju terciptanya hasil yang lebih baik dimasa depan. Rantai informasi tersebut meliputi penyebab produk atau cara transaksi yang Saudara tawarkan ditolak, Informasi atau referensi toko yang bisa menerima penawaran Saudara. Jadi sebagai seorang sales, Informasi harus bisa didapatkan dalam kondisi apapun. Langkah ini tidak terbatas pada penolakan oleh toko saja,
juga bisa  diberlakukan untuk penolakan calon pembeli perseorangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar